google-site-verification: google7df87c2085ce93b3.html .:::.::.::.YAMAHA VIXION CLUB PALOPO.::.::.::.: tekanan angin yang normal

21 April 2010

tekanan angin yang normal

Tekanan angin ban perlu untuk selalu dijaga. Coba kita rasakan kalau kita sedang mengendarai sepeda motor dengan ban yang sedikit kempes. Sepeda motor kadang-kadang akan terasa oleng, tidak stabil. Namun jika tekanan ban terlalu besar, efek peredaman kejut menjadi berkurang, sepeda motor menjadi tidak nyaman dikendarai. Tekanan angin yang tidak tepat juga akan mengakibatkan keausan ban yang tidak merata.
Perlu diketahui bahwa secara sifat alami material, ban sepeda motor mempunyai pori-pori yang sangat halus yang memungkinkan udara menerobos keluar mengakibatkan berkurangnya tekanan angin. Untuk ban yang terbuat dari natural rubber, penurunan tekanan ban kira-kira 0.2~0.3 kgf/cm2 dalam waktu seminggu sedangkan ban yang terbuat dari butyl rubber, penurunan lebih lambat yaitu 0.2~0.3 kgf/cm2 dalam waktu sebulan.
Pada umumnya ban terbuat dari natural rubber jadi periksalah tekanan angin secara rutin seminggu sekali untuk memastikan masih sesuai, jika sudah berkurang pompalah kembali.
Tekanan angin standard sebesar:

• Ban Depan 2,00 kgf/cm2
• Ban Belakang 2,25 kgf/cm2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentar anda tentang yamaha vixion....